Pages

Sabtu, 14 November 2009

AshHabul Kahfi

Mereka adalah para pemuda yang diberi petunjuk olehAllah Ta'ala serta Dia mengilhami mereka keimanan, sehingga merekamengenal Allah dan mengingkari keyakinan kaum mereka yang menyembahberhala. Mereka mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah akidahmereka disertai dengan perasaan takut akan kekejaman dan kekerasankaum mereka, seraya berkata, artinya,Rabb kami adalah Rabb langit dan bumi, kami sekali-kali tidak menyeruIlah selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian ¡K. [Al-Kahfi: 14],yakni jika seruan kami ditujukan kepada selain-Nya, ¡§maka sungguhkami telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran. [Al-Kahfi:14], yakni perkataan keji, dusta dan zhalim. Sedangkan kaum kami initelah menjadikan selain Dia sebagai ilah-ilah [untuk disembah].Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang [tentangkepercayaan mereka]. Siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orangyang mengada-ada kebohongan terhadap Allah. [Al-Kahfi: 15].


Setelah mereka sepakat mengenai keyakinan tersebut dan menyadari bahwamereka tidak mungkin menjelaskannya kepada kaum mereka, maka merekamemohon kepada Allah Ta'ala supaya dimudahkan urusan mereka, artinya, Wahai Rabb kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dansempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami [ini]. [Al-Kahfi: 10].

Kemudian mereka berlindung ke gua, lalu Allah Subhannahu wa Ta'alamemudahkan urusan mereka, melapangkan lubang gua serta menempatkanpintunya di sebelah utara, sehingga tidak terkena sinar matahari;
baikketika terbit maupun saat terbenam, dan mereka tertidur dalam gua dibawah penjagaan serta perlindungan Allah Subhannahu wa Ta'ala selamatiga ratus sembilan tahun. Allah Subhannahu wa Ta'ala telah melindungimereka dari rasa takut, karena posisi mereka [gua] berdekatan dengankota kaum mereka.
Allah Subhannahu wa Ta'ala senantiasa menjaga dan melindungi merekadalam gua tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya,artinya, Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur; dan kamibalik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri [Al-Kahfi: 18], supayabumi tidak membusukan tubuh mereka.

Kemudian Allah Subhannahu wa Ta'ala membangunkan mereka setelahtertidur dalam jangka waktu yang cukup lama supaya mereka salingbertanya diantara mereka sendiri. [Al-Kahfi: 19]. Akhirnya merekamenemukan jawaban yang sesungguhnya, sebagaimana hal tersebutditegaskan oleh Allah Ta'ala di dalam firman-Nya, artinya,Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamuberada [di sini]. Mereka menjawab, Kita berada [di sini] sehari atausetengah hari. Berkata [yang lain lagi]: Rabb kamu lebih mengetahuiberapa lama kamu berada [di sini]. Maka suruhlah salah seorang diantara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini. [Al-Kahfi:19]. Allah Subhannahu wa Ta'ala menjelaskan kisah ini hingga akhir.

Tanda-Tanda Kekuasaan Allah Dan Faidah-Faidah Yang Dapat DiambilDari Kisah Tersebut
Di dalam kisah tersebut terdapat tanda-tanda kekuasaan AllahSubhannahu wa Ta'ala dan faidah-faidah yang bermanfaat, di antaranya:

Bahwa kisah ashhabul kahfi, meskipun sangat mengagumkan, tetapibukan merupakan tanda kekuasaan Allah Subhannahu wa Ta'ala yangpaling mengagumkan, karena Allah Subhannahu wa Ta'ala memilikitanda-tanda kekuasaan tersendiri dan kisah-kisah lain yang didalamnya terdapat pelajaran berharga bagi orang-orang yang berkenanmerenungkannya.

bahwa orang yang memohon perlindungan kepada Allah Subhannahu waTa'ala, maka Allah akan melindungi dan menyayanginya, dan menjadikannya sebab-sebab untuk menunjukkan orang-orang yang sesat. AllahSubhannahu wa Ta'ala telah melindungi ashhabul kahfi dalam tidurmereka yang cukup lama dengan memelihara keimanan dan tubuh merekadari gangguan serta pembunuhan kaum mereka dan Allah Subhannahu waTa'ala menjadikan bangunnya mereka dari tidur mereka sebagai tandakesempurnaan kekuasaan-Nya, kebaikan-Nya yang banyak danbermacam-macam, supaya hamba-hamba-Nya mengetahui bahwa janji AllahSubhannahu wa Ta'ala pasti benar.

Adalah perintah menuntut ilmu-ilmu yang bermanfaat danmendiskusikannya, karena Allah Ta'ala telah mengutus mereka untuktujuan tersebut dan mengilhami mereka untuk berdiskusi di antaramereka seputar keyakinan mereka dan pengetahuan masyarakat mengenaikeyakinan atau perilaku mereka sehingga diperoleh bukti-bukti danpengetahuan bahwa janji Allah pasti benar dan sesungguhnya kiamatitu pasti terjadi tanpa ada keraguan di dalamnya.

Adalah berkenaan dengan etika seseorang yang merasa samarmengenai sesuatu ilmu, maka hendaklah ia mengembalikannya kepadagurunya dan berusaha untuk memahami dengan seksama pelajaran yangtelah diketahuinya.

Bahwa sah mewakilkan dan mengadakan kerja sama dalam jual beli.Hal tersebut merujuk perkataan mereka,artinya, Maka suruhlah salahseorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini ,kemudian ¡K maka hendaklah dia membawa makanan itu untukmu. [Al-Kahfi:19].

Bahwa diperbolehkannya memakan makanan yang baik-baik danmemilih makanan-makanan yang layak dan sesuai dengan seleraseseorang selama tidak melebihi batas-batas kewajaran. Sedang jikamelebihi batas-batas kewajaran maka hal tersebut termasuk perbuatanyang dilarang. Hal itu didasarkan kepada perkataan salah seorangdari mereka,artinya, ¡K dan hendaklah dia lihat manakah makananyang lebih baik, maka hendaklah dia membawa makanan itu untukmu. [Al-Kahfi: 19].

Adalah berkenaan dengan anjuran supaya memelihara, melindungiserta menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat menimbulkan fitnahdalam urusan agama dan harus menyembunyikan ilmu yang mendorongmanusia berbuat jahat.

Adalah berkenaan dengan keterangan yang menjelaskan perhatiandan kecintaan para pemuda itu kepada agama yang benar, pelarianmereka untuk menjauhkan diri dari semua fitnah dalam urusan agamamereka dan pengasingan diri mereka dengan meninggalkan kampunghalaman serta kebiasaan mereka untuk menempuh jalan Allah Subhannahuwa Ta'ala.

Adalah berkenaan dengan keterangan yang menjelaskan hal-hal yangtercakup dalam kejahatan, seperti kemadharatan dan kerusakan yangmengundang kemurkaan Allah Æ'¹ dan kewajiban meninggalkannya, danmeniggalkannya merupakan jalan yang harus ditempuh oleh kaummukminin.

Bahwa firman Allah Subhannahu wa Ta'ala,artinya, Orang-orangyang berkuasa atas urusan mereka berkata, Sesungguhnya kami akanmendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya. [Al-Kahfi: 21]menunjukkan bahwa orang-orang yang berkuasa yang dimaksud ialah parapenguasa ketika mereka dibangunkan dari tidur mereka yaitu parapenguasa yang telah beragama dengan agama yang benar, karena parapenguasa itu mengagungkan dan memuliakan mereka, sehingga parapenguasa tersebut berniat membangun sebuah rumah peribadatan di atasgua mereka.

Meski hal itu dilarang khususnya dalam syari'at agama, maka yangdimaksud ialah menjelaskan tentang ketakutan luar biasa yangdirasakan Ashhabul Kahfi ketika membela dan mempertahankan keimananmereka sehingga harus berlindung di sebuah gua dan setelah itu AllahSubhannahu wa Ta'ala membalas perjuangan mereka dengan penghormatandan pengagungan dari manusia. Hal itu merupakan kebiasaan AllahSubhannahu wa Ta'ala dalam membalas seseorang yang telah memikulpenderitaan karena-Nya serta menetapkan baginya balasan yang terpuji.

Bahwa pembahasan yang panjang lebar dan bertele-tele dalammasalah-masalah yang tidak penting; maka hal itu tidak perlumendapatkan perhatian yang serius. Hal itu merujuk firman AllahTa'ala,artinya, Karena itu janganlah kamu [Muhammad] bertengkartentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamumenanyakan tentang mereka [pemuda-pemuda itu] kepada seorang pun diantara mereka. [Al-Kahfi: 22].

Bahwa bertanya kepada seseorang yang tidak berilmu dalam masalahyang akan dimintai pertanggungan jawab di dalamnya atau orang yangtidak dapat dipercaya adalah terlarang. Hal itu merujuk firman AllahTa'ala,artinya, ¡K dan jangan kamu menanyakan tentang mereka [pemuda-pemudaitu] kepada seorang pun di antara mereka. [Al-Kahfi: 22].

Sumber: Qishash al Anbiya¡¦, Syaikh Abdur Rahman bin Nashir as-Sa¡¦di,kisah no 33 dan 34. [Abu Hilmi]

Artikel Kisah AshHabul Kahfi diambil dari http://www.asofwah.or.id

2 komentar:

Andik mengatakan...

bagus...........

Tepi Halaman mengatakan...

Wow...
Surah favoritku pas SMA dulu.
Al Kahfi. Go go go...
Pagi-pagi baca itu, menyenangkan.

Posting Komentar