Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Latar Belakang IBNU MUQLAH


MUQADDIMAH


"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah SWT." (QS. 3 :110)
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya yang teratur, seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh." (QS. 61 : 4)
"Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat. Dan khabarkanlah (berita) dari Bani Israil dan jangan merasa berat. Barangsiapa berdusta atasku dengan sengaja, maka hendaklah ia mempersiapkan tempat duduknya di neraka” [HR. Al-Bukhari no. 3274]
Mahasiswa muslim Matematika ITS yang merupakan bagian dari umat Islam mempunyai kewajiban untuk melakukan dakwah Islamiyah dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah sehingga bisa memberi nuansa Islami dalam kehidupan kampus.
Untuk itulah diperlukan suatu wadah yang bisa menampung aspirasi umat, khususnya mahasiswa mahasiswa muslim Matematika ITS dalam melaksanakan dakwah Islamiyah. Kebutuhan akan adanya suatu wadah dakwah Islamiyah itulah yang mendorong terbentuknya "IBNU MUQLAH" sebagai suatu lembaga kajian Islam di jurusan Matematika ITS.


SEJARAH

IM didirikan pada bulan September tahun 1993 di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Sukolilo, Surabaya.

SLOGAN

Merajut Dakwah, Mengemban Amanah, Menjalin Ukhuwah

LAMBANG
 
  • Gerigi melambangkan bahwa Ibnu Muqlah berdiri di kampus ITS.
  • Kajian Islam Jurusan Matematika ITS Ibnu Muqlah merupakan nama Lembaga Dakwah Jurusan (LDJ).
  • Menara Masjid melambangkan Aqidah Islam.
  • Tulisan “M” menunjukkan Jurusan Matematika ITS.
  • Warna hijau pada tulisan “IM” melambangkan ciri khas warna FMIPA ITS.



0 komentar:

Posting Komentar