Pages

Kamis, 06 Maret 2008

Adab Seoang Pelajar


Bagi anda yang seorang pelajar, mahasiswa atau orang – orang yang terus – menerus mencari ilmu, bahwasannnya dalam mencari ilmu tentulah ada adab – adabnya. Dalam kitab ‘Ihya’ Ulumuddin’ disebutkan bahwa adab seorang pelajar dalam nmencari ilmu dirinci dalam 7 kelompok :

1. Mendahulukan kebersihan jiwa dari akhlaq yang rendah. Ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW ,”Agama didirikan di atas kebersihan.” Kebersihan yang dimaksud disini bukanlah kebersihan pakaian ataupun kebersihan badan, melainkan kebersihan hati.
2. Mengurangi kesenangan – kesenangan duniawi dan menjauh dari kampung halamannya. Allah tak menjadikan dua jantung bagi sesesorang di rongga badannya. Karena itu dikatakan,” Ilmu itu tidak akan memberikan sebagiannya hingga engkau memberinya seluruh milikmu.”
3. Tidak sombong dalam menuntut ilmu dan tidak membangkang kepada guru.
4. Menghindar dari mendengarkan perselisihan – perselisihan diantara sesama manusia, karena hal itu menimbulkan kebingungan.
5. Tidak menolak suatu bidang ilmu yang terpuji, tetapi menekuninya hingga mengerti maksudnya.
6. Mengalihkan perhatian kepada ilmu nyang terpenting yaitu ilmu agama, karena itulah bekal manusia untuk menghadapi kehidupan akhirat.
7. Tidak mengharapkan kepemimpinan, harta, dan kedudukan, hanya mengharap ridha Allah semata.Inilah adab – adabnya dalam mencari ilmu.

Kalau mengikuti adab –adab ini Insya Allah akan anda akan mencapai keberhasilan dalam mencari ilmu dan ridha Allah akan selalu bersama anda. Wallahu a’lam bishshawab……

0 komentar:

Posting Komentar